Terus Berlangsung, Pemasangan Smart Meter Advance Metering Infrastructure (AMI) di Sumut Capai 12.110 Pelanggan

Penggantian meteran listrik konvensional dengan Smart Meter Advance Metering Infrastructure (AMI) terus berlangsung. Hal ini sebagai komitmen PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

topmetro.news – Penggantian meteran listrik konvensional dengan Smart Meter Advance Metering Infrastructure (AMI) terus berlangsung. Hal ini sebagai komitmen PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dengan transformasi digital oleh PLN ini, maka meteran saat ini telah lengkap dengan sistem komunikasi digital canggih, akurat, dan berkualitas.

Tercatat hingga 12 Agustus 2023, PLN UID Sumut berhasil melakukan penggantian Smart Meter AMI di Unit Layanan Pelanggan Helvetia dan Unit Layanan Pelanggan Medan Selatan sebanyak 12.110 pelanggan.

GM PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid, menjawab pertanyaan media mengatakan, bahwa Smart Meter AMI merupakan terobosan PLN dalam mengembangkan teknologi ‘Internet of Thinks’ (IoT) pada infrastruktur kelistrikan. Dengan tujuan, pelanggan akan semakin nyaman menikmati layanan PLN.

“Smart Meter AMI merupakan salah satu transformasi digital yang dilakukan PLN. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Tidak hanya itu, penggantian ke Smart Meter AMI dilakukan secara gratis,” jelas Awaluddin, Jumat (11/8/2023).

Dengan kehadiran AMI, pelanggan dapat mengetahui jumlah pemakaian energi listrik secara ‘real time’. Sistem komunikasi digital ini membuat hasil baca meter menjadi lebih akurat.

Ia juga menambahkan, PLN akan terus mendorong percepatan pemasangan Smart Meter AMI hingga 44.499 pelanggan pada tahap I dapat terealisasi dengan baik. Sehingga dengan demikian, pelanggan PLN dapat menikmati transformasi digital PLN dan merasakan manfaatnya secara langsung.

“Penggantian Smart Meter AMI ini akan dilakukan secara bertahap. Hingga tercapai 100 persen pelanggan di PLN UID Sumatera Utara,” terang Awaluddin.

Selain hasil baca meter yang lebih akurat dan pemakaian energi listrik dapat ketahuan secara ‘real time’, keunggulan Smart Meter AMI dapat mendeteksi pemadaman dan gangguan, sehingga lebih cepat teratasi.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment